TANGGAL SPESIAL 29 FEBRUARI

Bertepatan dengan tanggal 29 Februari, ternyata eh ternyata tanggal 29 Februari ini merupakan tanggal yang sangat spesial kawan, Kenapa kok dibilang spesial? karena tanggal 29 Februari ini hanya muncul 4 tahun sekali loh (amajing). Tahun ketika tanggal 29 Februari muncul dikenal sebagai Tahun Kabisat (terus apa tuh tahun kabisat?) menurut Wikipedia, Tahun Kabisat itu adalah tahun yang mengalami penambahan satu hari dengan tujuan untuk menyesuaikan penanggalan dengan tahun astronomi. Terus kenapa sih 29 Februari hanya muncul 4 tahun sekali? Mari kita cari tau!

Jadi, penanggalan didasarkan pada pergerakan bumi. Pergerakan bumi mengitari sumbu rotasinya sendiri disebut Rotasi, sedangkan pergerakan bumi mengitari matahari disebut Revolusi, Satu hari adalah lama waktu bumi untuk melakukan rotasi sebanyak satu putaran penuh, yaitu selama 24 jam. Terus Satu Tahun adalah lama waktu bumi untuk mengitari matahari (revolusi) sebanyak satu putaran penuh.

Secara umum, satu tahun terdiri dari 365 hari. Artinya, ketika bumi selesai melakukan satu putaran mengitari matahari, ia telah melakukan 365 kali putaran mengelilingi sumbunya sendiri. Hari sebanyak 365 ini kemudian dibagi menjadi 12 bulan, namun ini bukan pembagian yang merata. Ada bulan yang jumlah harinya 30, dan ada yang 31. Khusus untuk Bulan Februari, jumlah harinya 28.

Tambahan sehari ini kemudian dimasukkan dalam bulan februari. Alhasil, Bulan Februari mempunyai hari sebanyak 29 pada tahun kabisat, yang hanya terjadi 4 tahun sekali, yaitu pada tahun-tahun yang abis dibagi 4, misalnya 2004, 2008, dan 2012. Hal ini mulai diberlakukan pada sistem kalender Julian.

Sejarah astronomi pada tanggal 29 Februari!!

1504, Christoper Columbus 
Menggunakan pengetahuannya tentang gerhana bulan untuk meyakinkan pribumi Amerika untuk memberinya suplai bahan makanan.
 
1712, Di Swedia
Tanggal 29 Februari di ikuti tanggal 30 Februari untuk menggantikan kalender Swedia dengan kalender Julian. 
 
So, Itu tadi sekilas info tentang spesialnya Tanggal 29 Februari, jarang-jarangkan kita bisa ngerasain tanggal 29 di bulan februari pada tahun ini. Oke itu aja yang mau gue sampein, thanks udah mampir dan baca-baca artikel di blog gue, kalo ada pertanyaan atau hal lainnya silahkan komentar pada kolom di bawah ini, akhir kata, see yaaaa!! cabs

Sumber : detektif-fisika-doni

    SOCIAL MEDIA

    DOWNLOAD SONG

    BUAT BESOK

    INSTAGRAM