Logo

CARA MENGATASI COULD NOT INITIALIZE PHOTOSHOP BECAUSE THE PREFERENCES FILE WAS INVALID (IT HAS BEEN DELETED) CS6

Sudah lamaaaaaa sekali ngga posting di blog, karena siang ini ngga ada kerjaan apa-apa jadi sekarang gue mau ngasih solusi buat kalian yang mengalami trouble pada photoshop yang kalian gunakan. Nah untuk dipostingan ini gue menggunakan Photoshop CS6, mungkin cara penanggulangan masalah sama pada versi Photoshop sebelumnya.

Kenapa gue share masalah ini? karena kemarin gue baru aja ngalamin masalah yang udah gue sebutkan pada judul diatas. Yap, jadi kemarin itu Photoshop gue pada awalnya timbul pesan error bahwa memori di drive C gue penuh dan tidak mencukupi lagi, setelah pesan itu muncul dan gue abaikan, ngga lama kemudian pesan error yang lainpun muncul seperti ini "could not initialize photoshop because the preferences file was invalid (it has been deleted)". 
Dan saat itu gue coba cari penanggulangan masalahnya di mbah google, cuma kebanyakan informasinya itu masih belum gue pahami, kurang detail dan kebanyakan itu diskusi forum dengan menggunakan bahasa inggris, jarang banget blog (lokal) atau apalah itu yang ngasih solusi, makanya kali ini gue berinisiatif nulis artikel ini untuk kalian agar lebih mudah dan dapat dipahami. Oke, mungkin langsung aja gue bahas :

Pertama :
Buka Run, kalian bisa cari atau ketik di kotak pencarian (Search) " Run "

Kedua :
Setelah kotak Run terbuka, kalian ketik " %appdata%

Ketiga : 
Dan pada nantinya akan masuk AppData, setelah masuk, klik folder
Adobe > Adobe Photoshop > Adobe Photoshop CS6 Setting 

Nantinya akan muncul folder-folder seperti gambar dibawah ini, setelah itu hapus beberapa file yang sudah di pilih di bawah dengan tanda coret.
  
Jika sudah selesai melakukan proses diatas, kalian jalankan kembali Adobe Photoshopnya, kalo suatu saat terjadi crash kembali, hapus kembali file-file yang ada pada folder diatas. 

Mungkin sampai disitu penjelasan dari gue, semoga membantu postingan kali ini.. see yaaa guys.

5 comments

Anonymous
4 June 2019 at 17:25

Hmmm. i use photo shop cs6 on windows 7 when i ran photoshop cs6 first it says
"Could not complete your request because of disk error" then after clickng OK it says next "Could not initialize photoshop because the preference file was invalid (it has been deleted)".

So this what happens next:
It did not work it still did the same thing like i mentioned above.
is there other way? or just reformatting the PC should fix it? i need reply please ASAP

Anonymous
8 March 2021 at 08:43

thanks you boskuh,,, potoshopnya jalan lagi

11 January 2022 at 10:54

makasih kakak ps aku udah bisa jalan lagii hehhe

12 June 2022 at 23:32

alhamdulillah,,, nemu solusi disini, berkah selalu bosqu

Anonymous
27 October 2022 at 16:52

thank you kak atas infonya ps saya udah bisa lagi

Post a Comment